SOAL LKS
GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGY (DESAIN GRAFIS)
HARI 1 (Selasa, 11 Nop 2008): VECTOR DRAWING dan MANIPULASI IMAGE
A. VECTOR DRAWING
Waktu : 120 menit (2 jam)
Poin Penilaian : 20 poin
Peralatan :
Computer set, printer, software vector (CorelDraw)
Kertas dan alat tulis untuk sketsa
Soal Ujian :
Amati komputer yang digunakan, berupa Monitor, Keyboard, Mouse
Buatlah ilustrasi bentuk anggrek (contoh disediakan) dalam ukuran A4, dengan pendekatan vektor realistik (seperti bentuk aslinya). Gunakan software vektor grafis (CorelDraw).
Ketentuan Pengumpulan Tugas:
A. Print Out (Hardcopy)
- Final Artwork, Fullcolor
B. Data Digital (Softcopy)
- File asli dalam dokumen CDR
Save file sebagai = Nama Anda VD.cdr.
B. IMAGE MANIPULATION
Waktu : 120 menit (2 jam)
Poin Penilaian : 20 poin
Perangkat Uji : Computer set, printer, Adobe Photoshop
Soal Ujian :
Bukalah folder SOAL LKS yang tersedia di My Document.
Anda diminta menggabungkan 3 buah image terpisah menjadi satu combine image yang menarik, kreatif, dan harmonis, bisa menggunakan image retouching, clonning, color correction, dll.
Ketentuan Pengumpulan Tugas:
A. Print Out (Hardcopy) Fullcolor A4
B. Data Digital (Softcopy)
1. File asli dalam dokumen PSD, CMYK, 300dpi, Actual size.
Layer jangan di flatten.
Save file sebagai = Nama Anda IM.psd
2. File preview (jpeg) RGB, 144dpi, Actual size
Save file sebagai = Nama Anda IM.jpg
HARI 2 (Rabu, 12 Nop 2008) : LOGO & APLIKASI
Waktu : 300 menit (5 jam)
Poin Penilaian : 30 poin
Sebuah jasa restoran bernama WARUNG JOGJA membutuhkan sebuah logo sebagai identitas usaha jasa. Untuk membangun image/citra restoran khas Jogja, WARUNG JOGJA menyediakan menu makanan khas masakan Jogja. Target pengunjung adalah wisatawan dan masyarakat sekitar, WARUNG JOGJA memiliki slogan “Makanan sehat alami”.
Mandatoris :
Drs. Aragani Mizan Zakaria, sebagai Managing Director.
Alamat “WARUNG JOGJA”
Jl. Magelang Km 9 Yogyakarta, Indonesia
Telepon: 0274 - 374947
Faximile: 0274 - 632497
Email: warungjogja@yahoo.co.id
Soal Ujian :
· Anda diminta membuat logo perusahaan jasa WARUNG JOGJA yang sesuai dengan citra dan memuat visi perusahaan untuk menjadi restoran khas makanan Jogja dengan jasa terbaik, jenis masakan terlengkap, serta fasilitas ternyamandi wilayah Yogyakarta.
· Buatlah aplikasi stationary logo perusahaan jasa WARUNG JOGJA tersebut, meliputi: (1) kartu nama (bussiness card), ukuran 9 cm x 5,5 cm; (2) kop surat (corporate letterhead) ukuran A4; dan (3) amplop (envelope) ukuran 23 cm x 11 cm.
Ketentuan Pengumpulan Tugas:
A. Print Out (Hardcopy)
1. LOGO: ukuran A4 Color dan B/W dan pengecilan ukuran lebar 3cm.
2. DUMMY aplikasi logo pada:
- aplikasi bussiness card dan envelope (A4)
- aplikasi letterhead (A4)
3. KONSEP penjelasan tertulis (A4)
B. Data Digital (Softcopy)
1. LOGO:
- Dalam format file asli
Save file sebagai = Nama Anda LOGO.cdr
- File preview (JPEG) RGB, Actual size
Save file sebagai = Nama Anda LOGOPREV.jpg
2. DUMMY aplikasi logo:
- Dalam format file asli
Save file sebagai = Nama Anda LOGODUMMY.cdr
- File preview (JPEG) RGB, Actual size
Save file sebagai = Nama Anda LOGOPREV-CARD.jpg
Nama Anda LOGOPREV-LETTER.jpg
Nama Anda LOGOPREV-ENVLP.jpg
HARI 3 (Kamis, 13 Nop 2008): LABEL & KEMASAN
Waktu 300 menit (5 jam)
Salah satu produk ekspor unggulan dari Yogyakarta adalah susu. Salah satu produk susu yang mampu menerobos pangsa pasar ekspor adalah produksi ”PT SARI SEHAT”, yang memproduksi susu balita dengan merk “JAVA Milk”.
Keunggulan “JAVA Milk” adalah terbuat dari susu sapi pilihan, diperoleh dari peternakan terbaik di Indonesia yang diolah secara higienis dan modern.
Perusahaan ”PT SARI SEHAT” berencana menyajikan produk “JAVA Milk” dalam kemasan 500gram, agar mudah mencapai end-user.
Soal Ujian :
Anda diminta membuat visual label merk “JAVA Milk”
Aplikasikan visual tesebut ke dalam kemasan hasil rancangan anda.
Anda diberi kebebasan merancang struktur kemasan berbasis karton hingga visual pendukungnya, yang sesuai dengan karakter produk dan target marketnya.
Ketentuan Pengumpulan Tugas:
A. Print Out (Hardcopy)
B. Bentuk jadi packaging (bentuk 3 dimensi)
C. Data Digital (Softcopy)
- Dalam format file asli
Save file sebagai = Nama Anda KEMASAN.cdr
- File preview (JPEG) RGB, Actual size
Save file sebagai = Nama Anda KEMASAN.jpg
SKENARIO KEGIATAN LOMBA – GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGY (DKV)
A. Prakegiatan Lomba
Peserta lomba telah memenuhi persyaratan:
1. Berada pada jenjang akhir kependidikan SMK
2. Setiap sekolah diwakili oleh 1 - 3 orang peserta.
3. Mengumpulkan foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar
4. Sehat jasmani dan rohani (tidak dalam kondisi sakit)
B. Tata Tertib Lomba
1. Peserta hadir di tempat lomba 30 menit sebelum acara dimulai, dan mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia. Bagi yang terlambat harus mendapat izin masuk dari panitia.
2. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 45 menit dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.
3. Setiap peserta berpakaian seragam SMK tanpa identitas daerah / sekolah asal.
4. Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia.
5. Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan Nomor Undian;
6. Peserta lomba menempati/ menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi;
7. Pelaksanaan lomba dilaksanakan 3 (tiga) hari, tentative.
8. Waktu lomba 8 jam ( 60 menit/jam );
9. Waktu istirahat 60 menit untuk sholat, istirahat, dan makan;
10. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri;
11. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri;
12. Kegagalan/ keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di-save);
13. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja;
14. Pemeriksaan peralatan dilakukan oleh peserta di depan juri dan panitia selama lebih kurang 30 menit sebelum perlombaan dimulai;
15. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri;
16. Pen tablet merupakan peralatan penunjang yang diperkenankan dibawa peserta dan tidak disediakan penyelenggara.
17. Tidak dibenarkan menggunakan software di luar ketentuan yang ada, termasuk penggunaan internet;
18. Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapun;
19. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan);
20. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta.
C. Skenario Lomba
Mengikuti agenda panitia pembukaan Lomba Keterampilan Siswa
Hari Pertama (5 jam pelaksanaan lomba):
30’ Technical Meeting & Pengundian Peserta oleh Panitia
30’ Brief Modul I
120’ Pelaksanaan Lomba – Vector Drawing
30’ Print FA Vector Drawing
60’ Ishoma
120’ Pelaksanaan Lomba – Image Manipulation
30’ Print FA Image Manipulation
60’ Penjurian
Hari Kedua (5 jam pelaksanaan lomba):
30’ Technical Meeting & Pengundian Peserta oleh Panitia
30’ Brief Modul II
120’ Pelaksanaan Lomba – Logo & Aplikasi
60’ Ishoma
120’ Pelaksanaan Lomba (lanjutan)
60’ Dummy – Mock up
60’ Penjurian
Hari Ketiga (5 jam pelaksanaan lomba):
30’ Technical Meeting & Pengundian Peserta oleh Panitia
30’ Brief Modul II
120’ Pelaksanaan Lomba
60’ Ishoma
120’ Pelaksanaan Lomba (lanjutan)
60’ Dummy – Mock up
60’ Penjurian
30’ Pengumuman
Minggu, 26 Oktober 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar