Senin, 12 Oktober 2009

LKS Graphic Design Technology 2009/2010

PREDIKSI SOAL LKS BIDANG DKV (GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGY) 2009/2010

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tahun 2009/2010 mulai hangat dibicarakan. Beberapa kawan menanyakan lewat SMS dan FB, seperti apa tipe soal LKS tingkat nasional untuk bidang DKV atau Graphic Design Technology tahun ini? Terus terang saya belum bisa menjawab, karena saya tidak terlibat dalam pembuatan soal. Bahkan ketika saya tanyakan ke salah seorang juri tingkat nasional yang ditugasi membuat soal LKS, mereka bilang belum memikirkannya. Sementara di tingkat Provinsi, LKS sudah mulai digelar sejak Oktober/Nopember 2009.

Berdasarkan pengamatan dua tahun terakhir, di Makasar (2008) dan di Jakarta (2009), modul soal bidang lomba Graphic Design Technology tidak jauh berbeda. Lomba diadakan selama 3 (tiga) hari, dengan materi lomba kurang-lebih sebagai berikut.

HARI 1 (Modul 1) : VECTOR DRAWING & IMAGE MANIPULATION
Task 1: Vector Drawing. Waktu 120 menit. Peserta diminta melakukan manual tracing, gambar disediakan dalam format "jpg", diminta menjadikan vector realistic. Ukuran gambar A3.

Task 2: Image Manipulation. Peserta diminta menggabungkan 3 image yang disediakan panitia, menjadi satu image dengan menggunakan berbagai teknik, retouching, clonning, color correction, kemudian dijadikan satu combine image.

Task 3: Retouching. Soal berupa foto kepala Budha yang di depannya ada orang duduk. Peserta diminta menghilangkan figur orang di depan kepala Budha, dan menyempurnakan patung kepala Budha tersebut.

HARI 2 (Modul 2): LOGO & APLIKASI
Waktu 300 menit (5 jam).

Task 4: Logo. Peserta diminta membuat logo suatu event sesuai kriteria yang diminta.

Task 5: Desain Poster. Peserta diminta mengaplikasikan logo ke poster. Teks dan logo2 sponsor disediakan dalam bentuk softcopy. Ilustrasi bebas tetapi tidak boleh membawa dari rumah.

HARI 3 (Modul 3): LABEL MEREK & KEMASAN PRODUK.

Task 6: Label merk produk. Diminta membuat logo/logotype merek suatu produk.

Task 7: Mengaplikasikan merek ke dalam kemasan (packaging).
Sebagai gambaran, di Makasar peserta diminta membuat kemasan produk Kopi Makasar. Di Jakarta peserta diminta membuat kemasan Dodol Betawi. Di Yogya mungkin diminta membuat kemasan Geplak atau Bakpia..., pokoknya makanan khas/tradisional daerah tempat lomba.

Begitulah, inti dari soal LKS tingkat nasional di Makasar dan di Jakarta. Penjelasan mengenai soal telah dipaparkan oleh salah seorang Juri, ada di blog ini.

2 komentar:

Kak Maruf mengatakan...

matur nuwun pak...

Rakhmat Supriyono mengatakan...

Telah beredar buku panduan lengkap, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, TEORI DAN APLIKASI. Penerbit ANDI Yogyakarta. Ditulis oleh Rakhmat Supriyono, alumnus ISI Yogyakarta dan Birmingham Polytechnic, pengajar DKV.

Mengupas tuntas tentang Desain Logo, Desain Poster, Stationery Kit, dan lain-lain, dengan bahasa yang mudah dipahami. Mengacu pada kebutuhan siswa dan mahasiswa DKV. Dibutuhkan juga sebagai panduan desainer.