Senin, 30 November 2009

Tutorial Membuat Blog

Cara praktis membuat blog untuk guru



Arah ke depan, guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana pembelajaran di sekolah. Media paling praktis, fungsional, dan gampang dilaksanakan adalah melalui blog.


Berikut ini adalah langkah-langkah membuat blog yang sudah saya ringkas dan sederhanakan sehingga sangat mudah diikuti. Bahan-bahan tulisan ini diambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi sesama guru.



Langkah 1: Daftarkan diri Anda di blogger.
Buka alamat http://www.blogger.com. Anda akan mendapatkan halaman seperti ini.








Klik tanda panah besar yang bertuliskan BUAT BLOG atau CIPTAKAN BLOG ANDA.



Langkah 2: Isi Formulir
Setelah Anda klik tanda panah bertuliskan BUAT BLOG , akan muncul formulir seperti gambar di bawah ini.

Lengkapi Pendaftaran Anda dengan cara mengisi semua pertanyaan.






Form 1





Oh ya, sebelumnya Anda harus punya alamat email terlebih dulu. Kalau belum ya, dibikin dulu..., atau baca dulu tulisan ini sampai selesai, baru bikin email...



1. Alamat email, Anda harus mengisi alamat email yang sudah ada/sudah dibuat. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.



2. Setelah semua form diisi, klik bulatan di depan tulisan "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. Setelah itu, klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN. Namun sebelumnya harus Anda isi verifikasi berupa tulisan/angka. Jika gagal, biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Jika demikian, ulangi saja sampai berhasil....





Form 2






Langkah 3: Pilih Nama Blog

Nama Blog hendaknya disesuaikan dengan bidang studi yang Anda ajarkan, misal: English Corner untuk pelajaran Bahasa Inggris, LENSA untuk mata pelajaran Fotografi, dsb.




Setelah Anda berhasil mendaftar, akan muncul gambar seperti di atas.
Sebagai contoh, saya memilih nama blog: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Alamat blog : http:// www.rakhmat-dkv.blogspot.com


Selanjutnya, klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.


Langkah ke 4 Blog Template



Pilih desain template yang sesuai dengan selera Anda.
Jika berhasil, akan muncul gambar seperti di bawah ini.




Pilihlah tampilan yang sesuai dengan selera Anda. Untuk Memilih tema, Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar di bawah. Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

Selamat....!, Anda sudah punya blog. Sekarang Anda bisa memasukkan materi pelajaran atau pemikiran-pemikiran Anda di blog, dan dapat dibaca semua orang di seluruh dunia..... GO BLOG...!!!


3 komentar:

Erianto Anas mengatakan...

Mas Rahmat, tolong saya kasih data tentang buku-buku penunjang pembelajaran DKV. saya ngajar di SMKN I Ampek Angkek bukittinggi, saya sangat butuh sekali, sudah lama banget kita tak jumpa. ini dari Elfiandi, DKV ISI angktn. 81. Blogne mantep mas bok aku diajarilah.

Unknown mengatakan...

sori mas, tadi memakai email temen saya , email saya sudah ada, baru saya buatkan
-----------------------------

Mas Rahmat, tolong saya kasih data tentang buku-buku penunjang pembelajaran DKV. saya ngajar di SMKN I Ampek Angkek bukittinggi, saya sangat butuh sekali, sudah lama banget kita tak jumpa. ini dari Elfiandi, DKV ISI angktn. 81. Blogne mantep mas bok aku diajarilah.

Rakhmat Supriyono mengatakan...

Telah beredar buku panduan lengkap, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, TEORI DAN APLIKASI. Penerbit ANDI Yogyakarta. Ditulis oleh Rakhmat Supriyono, alumnus ISI Yogyakarta dan Birmingham Polytechnic, pengajar DKV.

Mengupas tuntas tentang Desain Logo, Desain Poster, Stationery Kit, dan lain-lain, dengan bahasa yang mudah dipahami. Mengacu pada kebutuhan siswa dan mahasiswa DKV. Dibutuhkan juga sebagai panduan desainer.